Tuesday, August 1, 2017

Edit

DANA ALOKASI KHUSUS


Beribicara tentang DAK? Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. Berkaitan dengan pendidikan, kabupaten Bojonegoro memiliki slogan Ayo Sekolah, untuk mewujudkan slogan atau cita-cita tersebut dibarengi dengan adanya bantuan keuangan yang disebut dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan salah satunya diberikan kepada siswa SLTA meliputi SMA, MA dan SMK.
Sistem bantuan keuangan tersebut diterimakan langsung kepada siswa yang didampingi oleh orang tua lewat pemerintahan Desa. Sistem ini berbeda dengan bantuan-bantuan pendidikan lainnya yang diterimakan lewat lembaga pendidikan, atau tidak diserahkan kepada siswa secara langsung.
Penggunaan DAK bidang pendidikan secara ideal meliputi:
1. Rehabilitasi gedung sekolah/ruang kelas,
2. Pengadaan/rehabilitasi sumber dan sanitasi air bersih serta kamar mandi dan WC,
3. Pengadaan/perbaikan meubelair ruang kelas dan lemari perpustakaan,
4. Pembangunan/rehabilitasi rumah dinas penjaga/guru/kepala sekolah, dan
5. Peningkatan mutu sekolah dengan pembangunan/penyediaan sarana dan prasarana
perpustakaan serta fasilitas pendidikan lainnya di sekolah.
DAK tidak dapat digunakan untuk mendanai administrasi kegiatan, penyiapan kegiatanfisik, penelitian, pelatihan, dan perjalanan dinas3 seperti pelaksanaan penyusunan rencana dan program, pelaksanaan tender pengadaan kegiatan fisik, kegiatan penelitian dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan fisik, kegiatan perjalanan pegawai daerah dan kegiatan umum lainnya yang sejenis.
Kegunaan DAK bagi saya sendiri yaitu, untuk membayar SPP sekolah tiap bulan, untuk membeli buku/peralatan sekolah, untuk keperluan lomba, sebagian saya kasih ke orang tua saya, dan sebagian saya tabung untuk kebutuhan(kebutuhan-kebutuhan mendadak) yang akan datang.
Terima kasih banyak, Bojonegoro! Kota tercintaku! Alhamdulillah denganmu aku bisa jaya! Bojonegoro Matoh! MUCH LOVE!

0 comments:

Post a Comment